Custom Search

5/13/2008

Mengambil Gambar dengan Cepat Berteknologi Maju


KAMERA digital yang tersedia di pasaran sekarang ini sudah beragam dan memiliki keunggulan dari berbagai sisi, mulai dari teknologi sampai rancangannya yang dibuat guna menarik para pembeli untuk memilikinya. Sebenarnya, memang menjadi membingungkan kalau kita melihat etalase toko peralatan kamera digital sekarang ini yang memiliki begitu banyak ragam pilihan yang tersedia, dari mulai merek yang terkenal sampai yang tidak terkenal sama sekali.

KEHADIRAN kamera-kamera digital sekarang ini memang memberikan sebuah pertanyaan, apakah era penggunaan digitalisasi dewasa ini memang sudah mencapai sebuah titik, di mana penggunaan kamera tradisional menggunakan film-film seluloid sudah akan berakhir tergantikan oleh rangkaian-rangakain papan kecil CCD (charge coupled device) yang melekat di berbagai kamera digital? Para konsumen yang menggemari berbagai gadget berteknologi mutakhir pun sebenarnya tidak terlalu memusingkan persoalan ini.

Belum lama ini Kompas mencoba sebuah kamera baru buatan Canon, yang memang dikenal memiliki keunggulan tersendiri dalam menghasilkan beberapa kamera digital piawai. Sebagai sebuah kamera saku, Canon Ixus V3 ini memang sangat ringan dengan berat sekitar 250 gram dan memiliki dimensi yang memang cocok untuk diletakkan di dalam saku celana, dengan ukuran 87x 57x27 mm.

Canon selalu mampu untuk menghasilkan kamera-kamera digital yang mudah digunakan, seperti pada kamera Ixus V3. Selain sangat sederhana penggunaannya pada posisi otomatis, pada penggunaan manual pun tidak serumit kamera profesional konvensional. Keuntungan dari adanya pengoperasian kamera Ixus V3 secara manual ini adalah memungkinkan bagi para pemula untuk bisa memahami seluk-beluk sebuah kamera pada umumnya.

Artinya, mereka yang ingin mengetahui bagaimana perbedaan penggunaan aperture (bukaan) dan kecepatan shutter speed, bisa segera melihat hasil-hasil foto jepretannya secara instan yang muncul pada layar LCD yang terletak di belakang, berukuran 1,5 inci (sekitar 3,8 sentimeter).

Memang, dan ini terjadi pada umumnya kamera digital, tampilan LCD ini kadang menjadi tidak jelas sehingga sulit untuk melihat dan memastikan apakah gambar yang diambil sudah memiliki ketajaman seperti yang diharapkan oleh pemotretnya. Karena, tampilan LCD ini memang dimaksudkan guna memudahkan penggunanya untuk melihat apakah gambar-gambar yang diambil ini sudah sesuai dengan keinginannya.

Tidak ada komentar: