Custom Search

6/06/2008

Nikon D80



Ini merupakan kamera Nikon digital SLR dengan lensa yang dapat diganti, pengoperasian otomatis dan desain fitur mutakhir untuk memuaskan setiap fotografer dalam menciptakan foto indah dan mengabadikan momen spesial.

D80 dengan 10,2 efektif megapixel sensor gambar CCD format DX, membawa level baru resolusi tinggi dan detil yang tajam di kelasnya, juga memberikan banyak kebebasan untuk kreativitas mengkrop dan mencetak besar yang mengesankan. Sensor Nikon format DX dan desain dudukan bayonet lensa dari Nikon F memastikan kompatibalitas yang menyeluruh dengan bermacam-macam lensa AF Nikkor dan lensa DX Nikkor yang dirancang eksklusif untuk kamera SLR Nikon.

Salah satu pengembangan kunci tingkat lanjut pada D80 adalah pemroses gambar resolusi tinggi Nikon. Keuntungan yang didapat dari kamera profesional DSLR Nikon termasuk warna yang independen sebelum terkondisikan dan presisi yang tinggi 12 bit algoritma pemroses gambar digital, dengan kombinasi untuk menghasilkan gambar natural, bermanfaat untuk warna tetap dan memproduksi tonal warna. Juga dedikasi terbaru performa tinggi kehebatan chip pengolah pada seluruh level, dan baterai yang hemat daya memastikan gambar akan lebih banyak pada sekali pengisian.

Nikon's exclusive 3D Color Matrix Metering II memastikan keakuratan pengendali eksposur otomatis, pada berbagai kondisi pencahayaan, evaluasi perbandingan pengukur rata-rata pada setiap kondisi input dari sistem frame lebar 420-pixel sensor yang secara otomatis disesuaikan dengan database onboard lebih dari 30.000 scene fotografi untuk mengkalkulasi nilai ekspose akhir. Juga terdapat variabel center-weighted metering dan Spot metering, Sebagai kompensasi eksposur dan eksposure otomatis, dilengkapi pula bantuan lengkap di bagian kontrol membuat D80 berpeforma tinggi sangat ideal untuk penggemar fotografi.

Kamera ini dilengkapi Auto White Balance (AWB) tingkat lanjut yang menciptakan warna alami dengan penyesuaian pada setiap nuansa, dengan mencocokkan WB pada sumber cahaya. Bagi mereka yang menginginkan pengaturan secara manual terdapat enam pilihan yakni Incandescent, Fluorescent, Direct Sunlight, Flash, Cloudy, dan Shade. Selain itu pilihan "Preset" menggunakan abu-bu atau putih sebagai referensi.

Kamera ini juga bisa memastikan secara konsisten, cepat dan tepat mengunci fokus diberbagai kondisi D80 dengan sistem 11-area AF. Pengadopsian versi baru Module sensor AF Nikon advance Multi-CAM 1000 ini merupakan 11 area AF tambahan pilihan baru pemfokus efektif yang akan menyenangkan untuk mendapatkan target tujuan. Sebagai contoh sistem dapat digunakan di setiap 11 area fokus, sensor tengah dapat juga dipindah kepengoperasian frame lebar untuk jangkauan yang lebih lebar.

Mode baru Area AF mengukur kesemua 11 area focus, subjek utama dan mengaktifkan hanya area tersebut. Dengan mode ini, kamera siap menjepret saat momen khusus. D80 hanya membutuhkan 0,18 detik untuk aktif dan jeda waktu shutter 80 milisecond cepat saat ambil gambar 11 area auto fokus dengan pembantu AF. Proses gambar singkat dan disimpan dengan cepat pada kartu SD memori. Begitu pula untuk lihat gambar dapat dengan cepat. Continuous shooting dengan kecepatan tiga frame per detik dapat menyimpan 100 file JPEG (ukuran FINE medium atau smaller).


Besar

Berpeforma dan beresolusi tinggi dalam bodi yang ramping dan lebih kompak, secara keseluruhan, D80 dimaksimalkan untuk kemudahan mengoperasian. D80 memiliki jendela bidik yang terang dan besar dengan perbesaran 0,94 kali untuk memastikan komposisi yang baik dan pandangan yang jernih. Berlayar LCD 2,5 inci dengan 230.000-titik, resolusi tinggi dengan sudut pandang 170 derajat.

Terdapat pula tambahan fitur yakni Advanced Pictmotion untuk pilihan tampilan slide, dengan pemilihan gaya transisi dan latar belakang musik dapat dlihat melalui LCD atau televisi. Tampilan menu yang baru warna maupun huruf yang diperbesar mudah dimengerti dan mudah digunakan, isi menu dapat di-custom menggunakan set "My Menu". Selain itu terdapat fitur ekslusif edit foto "in-camera" tanpa menggunakan komputer. Kemudian fitur D-Lighting yang secara otomatis memperjelas detail pada hasil bidikan dan mengoptimalkan keseimbangan cahaya. Red-eye correction mendekteksi dan mengkompensasi untuk mata merah akibat efek dari flash. Fitur lainnya yakni Trim yang dapat digunakan untuk memotong gambar menjadi lebih kecil untuk kemudahan berbagi atau agar lebih efisien.

Sementara Image Overlay menggabungkan dua gambar file RAW (NEF). Pilihan lain yang termasuk setting monochrome antara lain hitam dan putih, Sepia, Cyanotype dan Filter Effects berupa Skylight, Warm filter dan Color balance. Juga Multiple Exposure untuk pemotretan multi gambar dalam satu frame. Sementara fitur Creative photography yang mudah dengan mode dial pada D80's terdapat pilihan antara lain Auto, Portrait, Landscape, Close Up, Sports, Night Landscape, atau Night Portrait. Program ini secara otomatis mengoptimalkan White Balance, ketajaman, kontras, warna, kepekatan dan hue. D80 juga menawarkan pilihan setting secara personal antara lain Normal, Softer, Vivid, More vivid, Portrait, Custom dan Black-and-white.

Memiliki internal flash yang kuat, fitur i-TTL yang sempurna, juga kendali lampu kilat untuk keakuratan dan mendukung penuh fasilitas "Advanced Wireless Lighting sistem". Sistem ini bisa memfungsikan internal flash dua grup remote commander yang mengendalikan secara langsung SB-800 & SB-600 tanpa kabel.

Pendeknya, ini merupakan kamera digital yang menyenangkan dan praktis. Tersedia MB-D80 sebagai Multi-Power Battery Pack. Wireless ML-L3 (IR) Remote Control dan MC-DC1 Remote Cord untuk pemotretan eksposure panjang.

Software PictureProject, telah diberikan pada setiap pembelian Nikon D80 untuk impor, edit, organizer dan sharing gambar. Software Capture NX aksesoris tambahan serba guna dan solusi elegan untuk edit gambar, dan sebagai pemroses file (RAW) menjadi TIFF atau JPEG. [PR/N-5]



Tidak ada komentar: